Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Makalah Dampak Teknologi

Selasa, 03 Desember 2013

                      


Pengaruh Televisi Pada Remaja

Diajukan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia





Disusun oleh :
Mochamad Chilmi Wirawan
672013031


FakultasTeknologiInformasi
Universitas Kristen Satya Wacana
2013



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur dipanjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, sehingga penulis bisa menyusunmakalah ini dengan baik dan tepat waktunya yang berjudul “Pengaruh Televisi Bagi Remaja”.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan terselesaikannya karya tulis ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi yang sangat membantu penulis dalam penyusunan makalah ini
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun penulis. Penulis berharap makalah yang telah dibuat ini bisa bermanfaat serta menambah pengetahuan pembaca.

Salatiga, November 2013

Penulis








DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ....................................................................................................... 2
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... 3
BAB I PENDAHULUAN
-            1.1 Latar Belakang .............................................................................................  4
-            1.2 Tujuan........................................................................................................... 4
-            1.3 Perumusan Masalah....................................................................................... 5
-            1.4 Manfaat Penelitian........................................................................................ 5
BAB II PEMBAHASAN
-            2.1 Pengertiandan Sejarah Televisi..................................................................... 6
-            2.2Dampak Positif.............................................................................................. 7
-            2.3 Dampak Negatif............................................................................................ 8
-            2.4 Upaya untuk mengatasi dampak negative dari Televisi…............................ 8
BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan...................................................................................................................... 9
B.Saran................................................................................................................................ 9

DAFTAR PUSTAKA



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Masyarakat modern tentu sangat membutuh kan adanya informasi , informasi dapat di dapat kan melalui salah satu media elektronik yaitu televisi , Karena masyarakat modern sangat membutuh kan ada nya penyampaian segala informasi yang mereka butuh kan  yang mereka dapat kan secara tepat dan cepat .
Salah satu yang di butuh kan dalam sebuah informasi adalah adanya tata cara penyampaian agar dapat mendidik dan mengajarkan sesuatu yang bermanfaat khusus nya informasi yang di butuh kan saat ini .
Televisi memang mampu menayangkan acara-acara yang begitu menarik karena telah ditambahi dengan aksesori-aksesori sehingga membuat pemirsanya begitu mengagumi televisi .
 menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia televisi adalah Sistm penyiaran gambar yang disertai dengan bunyi ( suara ) melalui kabel atau melalui angkasa dengan menggunakan alat yang merubah cahaya ( gambar ) dan bunyi ( suara ) menjaadi gelombang listrik dan mengubah nya kembali menjadi berkas cahaya yang dapat dilihat dan bunyi yang dapat di dengar .
saat ini pun penggunaan televisi telah marak di Indonesia khusus nya masyarakat modern, karena manfaat nya yang sangat banyak dan meskipun tentu saja sebuah media elektronik memiliki dampak negatif .
dan tidak salah semakin banyak remaja yang sangat bergantung terhadap media elektronik ini
..

1.2  Tujuan Penelitian
Dalam Makalah ini penulis mempunyai beberapa tujuan yaitu :
1.      Pengertian Dari Televisi.
2.      Mengetahui Acara Televisi yang baik dan buruk dan cocok untuk dilihat.


1.3  Perumusan Masalah
Berdasarkan tujuan penelitian makalah maka penulis merumuskan masalah sebagai
berikut :
1.      Dampak Positif dan Negatif dari Media Televisi tersebut.
2.      Cara mengatasi dampak Negatif pada Media Televisi.
1.4  Manfaat Penelitian
Manfaat makalah ini khususnya kaum remaja dapat lebih memilih mana acara yang baik dan cocok dilihat dan memanfaatkan Media Televisi sebagai Teknologi Informasi mencari ilmu bagi masa depan.





BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Televisi
            Televisi merupakan sistem elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama suara melalui kabel atau ruang. Sistem ini menggunakan peralatan yang mengubah cahaya dan suara ke dalam gelombang elektronik dan mengkonversinya kembali ke dalam cahaya yang dapat dilihat dan suaranya dapat didengar.
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang digunakan untuk memancarkan dan menerima siaran gambar bergerak, baik itu yang monokrom hitam putih maupun warna, biasanya dilengkapi oleh suara. Televisi juga dapat diartikan sebagai kotak televisi, rangkaian televisi atau pancaran televisi. Kata Televisi merupakan gabungan dari kata Tele yaitu jauh dari bahasa Yunani dan visio penglihatan dari bahasa Latin. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai telekomunikasi yang dapat dilihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia ‘televisi’ secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi.
Kotak televisi yang pertama dijual pada akhir tahun 1930-an sudah menjadi salah satu alat penerima komunikasi utama dalam rumah, perdagangan dan institusi, khususnya sebagai sumber hiburan dan berita. Sejak 1970-an, kemunculan Video tape, cakram laser, DVD dan kini cakram Blu-ray juga menjadikan kotak televisi sebagai alat untuk menayangkan hasil rekaman. Walaupun terdapat pula kegunaan televisi yang lain seperti televisi sirkuit tertutup, namun kegunaan yang paling utama adalah penyiaran televisi yang menyamai sistem penyiaran radio ketika dibangun pada tahun 1920-an, menggunakan pemancar frekuensi radio berkuasa tinggi untuk menyiarkan gelombang televisi ke penerima TV.
Penyiaran TV biasanya disebarkan melalui pancaran radio dalam saluran-saluran yang ditetapkan dalam jalur frekuensi 54-890 megahertzHYPERLINK.
Gelombang TV juga kini dipancarkan dengan suara stereo atau bunyi keliling di banyak negara. Siaran TV pada awalnya direkam dan dipancarkan dalam bentuk gelombang analog, tetapi kebelakangan ini perusahaan siaran publik maupun swasta kini beralih ke teknologi televisi digital. Sebuah kotak televisi biasanya terdiri dari bermacam-macam sirkuit elektronik yang terdapat didalamnya, termasuk sirkuit penerima dan penangkap gelombang penyiaran. Perangkat tampilan visual yang tanpa pemerina biasanya disebut sebagai monitor, bukannya televisi. Sebuah sistem televisi dapat memakai pelbagai penggunaan teknologi seperti analog (PAL, NTSC, SECAM), digital (DVB, ATSC, ISDB dsb.) ataupun definisi tinggi (HDTV). Sistem televisi juga digunakan untuk pengamatan suatu peristiwa, pengontrolan proses industri, dan petunjuk penggunaan senjata, di tempat-tempat yang biasanya atau terlalu berbahaya untuk diperhatikan secara dekat.
Televisi amatir (ham TV atau ATV) juga digunakan untuk kegiatan eksperimen, suka cita dan perhormatan oleh para orang awam dibawah pengendalian radio amatir. Stasiun TV amatir pernah digunakan pada kawasan perkotaan sebelum kemunculan stasiun TV komersial
2.2 Dampak Positif dari Media Televisi
            Dengan adanya media massa elektronik ini, banyak sekali manfaat yang dapat diambil. Dengan menyaksikan televisi, seseorang dapat memperoleh informasi-informasi aktual yang terjadi dimanapun secara tepat , cepat dan lebih jelas. Penggunaan media elektronik ini juga di gunakan oleh para remaja untuk mencari informasi , misal nya seputar perkembangan pendidikan , peghilang kepenatan dan lain sebagai nya .
Oleh karena itu televisi sangat dibutuh kan salah satunya oleh para remaja .
Selain manfaat diatas juga terdapat manfaat – manfaat positif lain nya bagi remaja  yaitu antara lain :

1.   Memiliki Fungsi Edukasi.
2.    Sebagai sarana hiburan
3.    Sebagai sarana mencari informasi
4.    Sebagai sarana untk Menambah wawasan tentang dunia luar

2.3 Dampak Negatif dari Media Televisi
Selain memberikan dampak positif terhadap perkembangan remaja , televisi juga dapat memberikan dampak negative terhadap perkembangan remaja .
Dampak negative tersebut antara lain :
1.    Para remaja dapat berprilaku konsumtif
2.    Mucul nya kosa kata baru yang tidak sesuai dengan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik .
3.    Merusak hubungan dengan anggota keluarga lain nya
4.    Terdapat nya unsur budaya barat yang tidak sesuai dengan norma dan nilai dalam masyarakat
5.    Merusak kesehatan
6.    Remaja menjadi malas belajar dan menjadi tidak kreatif .
2.4Upaya Mengatasi dampak Negatif dari Media Televisi
            Dari adanya dampak negatif dari media televisi , maka dapat dilakukan beberapa upaya untuk mengurangi pengaruh negatif tersebut , antara lain :
1.    Menambah aktivitas di luar rumah
Harus nya seorang remaja menambah aktivitas nya di luar rumah , missal nya dengan mengikuti festival atau acara lain nya yang positif dan tentu saja dapat memberi manfaat , missal nya les music dll .
2.    Dapat mengatur waktu
Yaitu dapat dengan menyusunjadwal kegiatan , kapan harus belajar , main , menonton tv dan lain sebagai nya , dengan begitu remaja tidak akan mengetahui dan melakukan aktivitas sesuai jadwal nya .
3.    Meminta bimbingan dan pengawasan orang tua
Hal ini bertujuan agar orang tua memperhatikan perkembangan anak nya agar tetap ber prilaku sesuai norma dan nilai dalam masyarakat .
4.    Dapat memilih program yang sesuai umur
Arti nya seorang remaja harus mampu membedakan tayangan yang seharus nya sesuai umur nya , dengan begitu unsure budaya asing dapat ia tolak dan tetap sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Dengan adanya media massa elektronik ini, banyak sekali manfaat yang dapat diambil. Banyak Informasi-informasi yang kita dapat dari media Televisi tersebut.

B.     Saran
Selalu orang tua membimbing anaknya untuk menyaksikan acara televise yang cocok untuk di lihat. Dan juga bisa lebih pintar memilih acara televise yang sesuai dengan umur.















DAFTAR PUSTAKA






           






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading