Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Makalah "Pengaruh Teknologi"

Rabu, 04 Desember 2013

Dampak Sosial Media dan Jejaring Sosial Bagi Remaja
Diajukan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia




Disusun oleh :
Nama: Mochamad Chilmi Wirawan
Nim: 672013031


FakultasTeknologiInformasi
Universitas Kristen Satya Wacana
2013




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur dipanjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, sehingga penulis bisa menyusunmakalah ini dengan baik dan tepat waktunya yang berjudul “Sosial Media dan Jejaring Sosial Bagi Remaja”.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan terselesaikannya karya tulis ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi yang sangat membantu penulis dalam penyusunan makalah ini
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun penulis. Penulis berharap makalah yang telah dibuat ini bisa bermanfaat serta menambah pengetahuan pembaca.

Salatiga, November 2013

Penulis








DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ....................................................................................................... 2
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... 3
BAB I PENDAHULUAN
-            1.1 Latar Belakang .............................................................................................  4
-            1.2 Tujuan........................................................................................................... 4
-            1.3 Perumusan Masalah....................................................................................... 4
-            1.4 Manfaat Penelitian........................................................................................ 5
BAB II PEMBAHASAN
-            2.1 Pengertian Sosial Media dan Jejaring Sosial................................................. 6
-            2.2 Awal mula Sosial Media dan Jejaring Sosial itu ada.................................... 7
-            2.3 Dampak Positif dan Negatif dari social media dan Jejaring Sosial.............. 8
BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan...................................................................................................................... 9
B.Saran................................................................................................................................ 9
DAFTAR PUSTAKA



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Di zaman yang sangat modern ini, Sosial Media dan Jejaring Sosial sudah tidak asing lagi di telinga kaum remaja. Beberapa tahun terakhir ini, banyak kaum remaja menyukai Sosial Media dan Jejaring Sosial untuk mencari teman di Dunia Maya.
            Dengan seringnya remaja bermain di dunia maya yang melalu Sosial Media dan Jejaring Sosial apakah mereka tau pengaruh positif dan pengaruh negatif tersebut?Makalah ini akan menelaah hal tersebut tentang Sosial Media dan Jejaring Sosial.

1.2  Tujuan Penelitian
Dalam Makalah ini penulis mempunyai beberapa tujuan yaitu :
1.      Mengetahui penyebab kaum remaja di Sosial Media dan Jejaring Sosial.
2.      Mengetahui pengaruh terhadap kaum remaja yang bermain Sosial Media dan Jejaring Sosial.

1.3  Perumusan Masalah
Berdasarkan tujuan penelitian makalah maka penulis merumuskan masalah sebagai
berikut :
1.      Apa yang pengertian dari Sosial Media dan Jejaring Sosial ?
2.      Apa dampak dari Sosial Media dan Jejaring Sosial ?






1.4  Manfaat Penelitian
Manfaat makalah ini khususnya kaum remaja dapat lebih dapat memanfaatkanSosial Media dan Jejaring Sosialuntuk mencari ilmu dan berbagi ilmu pada teman lainnya di dunia maya. Dan bisa memanfaatkan untuk masa depan mereka sendiri. Dan mereka juga mengetahui mana situs yang baik dan buruk untuk di buka.
























BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Sosial Media dan Jejaring Sosial
Pengertian Sosial Media atau dalam bahasa inggris “Social Media” menurut tata bahasa,  terdiri dari kata “Social”  yang memiliki arti kemasyarakatan atau sebuah interaksi dan “Media” adalah sebuah wadah atau tempat sosial itu sendiri.
            Jejaring Sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan duniavirtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Berikut Contoh-contoh situs jejaring soasial
v  Facebook
v  Twitter
v  Myspace
v  Linkedln
v  Google+
v  Instagram
v  Path
v  DeviantART
v  Cafemom
v  Friendster




2.1 Awal mula Sosial Media dan Jejaring Sosial itu muncul
Sejarah dan perkembangan situs jejaring social
Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Situs jejaring sosial pertama, yaitu Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar teman mantan sekolah kemudian ada Sixdegrees.com yang mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial Lunarstorm, Live Journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul Friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, Friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan Friendster, Flick R, You Tube, Myspace. Hingga akhir tahun 2005, Friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yangpalingdiminati.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360. Pada bulan Juli 2005 New Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friendster Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Memasuki tahun 2006, penggunaan Friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya Facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow). Di tahun yang sama juga muncul Koprol serta Foursquare yang menggunakan model check-in atau berbasilokasi.

2.3 Dampak Positif dan Negatif dari social media dan Jejaring Sosial
A .Dampak positif jejaring sosial
v  Para Remaja bisa memanfaatkan untuk belajar mengembangkan keterampilan teknis dan memiliki jiwa sosial yang sangat di butuhkan di zaman era digital seperti saat ini.
v  Mereka dapat belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisasi dengan masyarakat banyak dan menjalin pertemanan dengan berbagai orang dari berbagai daerah.
v  Memperluas pertemanan seluas luasnya karena tidak dibatasi oleh luas wilayah. Para Remaja bisa menjadi lebih mudah menjalin pertemaanan dengan orang lain di seluruh dunia, meskipun sebelumnya belum pernah bertemu secara langsung.
v  Para Remaja akan lebih terdorong untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka kenal secara online, karena sosial media ini mereka dapat berinteraksi secara dua arah yaitu dapat menerima dan menjawab dalam waktu yang hampir bersamaan.
B. Dampak Negatif jejaring sosial
v  Remaja bisa menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata karena mereka terlalu asyik dengan komunikasi di dunia maya. Sehinga kecenderungan tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu, karena berkomunikasi di dunia maya hanya cenderung menggunakan bahasa tulis sedangkan di dunia nyata lebih menggunakan bahasa lisan. Jika para Remaja terlalu sering berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahasa tubuh dan nada suara, menjadi akan berkurang.
v  .Situs jejaring social dapat membuat Remaja lebih mementingkan diri sendiri daripada orang lain. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat menyebabkan kurang berempati di dunia nyata.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Sosial Media dan Jejaring Sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Jadi para remaja bisa berpartisipasi melalui situs situs jejaring social.
B.Saran
1.      Harus sadar saat menggunakan Sosial Media dan Jejaring Sosial agar mengetahui mana situs Sosial Media dan Jejaring Sosial yang baik dan buruk
2.      Harus ada pengawasan dari Orang tua bagi para remaja yang menggunakan situs-situs Sosial Media dan Jejaring Sosial.
3.      Hindari situs-situs yang tidak baik di lihat, karena itu bisa merusak MORAL dari seorang REMAJA.












DAFTAR PUSTAKA



           






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading