Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Tugas Resensi Berita "Polda Jateng Periksa Foto Panas Cabub"

Selasa, 03 Desember 2013

TUGAS
BAHASA INDONESIA

Nama                         : Hafiz Bayu Ardyatama
NIM                           : 672013035

JUDUL BERITA     : Polda Jateng Periksa Foto Panas Cabub
Sumber                      : Radar Kudus (Kamis 5 Mei 2006)

ISI

            Dalam sebuah koran Radar Kudus ini terdapat berita menghebohkan , kenapa menghebohkan? Karena foto adegan panas salah seorang calon bupati dan wakil bupati pekalongan menyebar dikhalayak luas oleh masyarakat. Berita tersebut langsung disikapi Polda Jawa Tengah (Jateng). Lima Penyidik Di terjunkan langsung untuk memintai keterangan sakasi ahli, yaitu pakar telematika Roy Suryo, tentang keaslian foto-foto itu.
            Pemeriksaan tentang keaslian foto foto panas itupun dilakukan jam 11.30 di Ruang Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Pitoyo Agung Yuwono. Dan hasil dari pemriksaan tersebut, Roy menyatakan bahwa 13 dari 21 foto itu asli. Tujuh foto lainnya sudah mengalami perubahan dan yang satu sudah mengalami penggabungan.
            Disini Roy juga menjelaskan bahwa foto asli tersebut mempunyai resolusi yang sama yaitu, 640x480 pixel dengan pengambilan waktu yang berbeda tetapi gambarnya asli. Hanya saja Roy belum bisa memastikan keaslian orang dalam foto itu. Mantan staf pengajar Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja tersebut juga  menjelaskan kalau foto- foto tersebut diambil dari kamera hp.
            Berhubung dengan adanya kasus tersebut Panwas Pekalongan menunda pengesahan hasil pemilihan kepala daerah(pilkada) yang menurut rencana ditetapkan 27 Mei 2006 mendatang. Jelas- jelas kasus ini membuat penetapan memakan waktu yang lama akibat penundaan tersebut, dan bahkan akan berdampak negatif kepada warga waganya. Sebab pasca perhitungan suara, ditemukan selebaran yang memuat foto adengan panas dari pasangan Siti Qomaryah dan Wahyu Tjondro Nugroho.
Kritik            : Kurangnya penjelasan tentang bagaimana foto panas itu bisa beredar pasca perhitungan suara dalam berita tersebut, dan tidak pastinya tentang keaslian foto tersebut yang  jelas jelas dari segi  gambar dan resolusi gambar itu asli tanpa edit.

Saran             : Berita ini sudah bagus, karena susunan kata yang rapih dapat     mempermudah pembaca untuk memahami berita tersebut.

1 komentar

  1. Gambling as a way of making money - YouTube
    A new video for video-streaming the youtube to mp3 reddit UK-based gambling group Gambling Anonymous shows how a gambling industry is exploiting its vulnerable users,

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading