Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Makalah Bahasa Indonesia "Peranan Teknologi Terhadap Perkembangan karakter Remaja"

Selasa, 03 Desember 2013



Peranan Gadget Terhadap Perkembangan Remaja


Diajukan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia


Disusun oleh :
Laufi Dian Deodo Saputra             672013037

Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Kristen Satya Wacana
2013





KATA PENGANTAR

Puji dan syukur dipanjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, sehingga penulis bisa menyusun makalah ini dengan baik dan tepat waktunya yang berjudul “Peranan Gadget Terhadap Perkembangan Remaja”.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan terselesaikannya karya tulis ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi yang sangat membantu penulis dalam penyusunan makalah ini
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun penulis. Penulis berharap makalah yang telah dibuat ini bisa bermanfaat serta menambah pengetahuan pembaca.

Salatiga, Desember 2013

Penulis




  
DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR .......................................................................................................  2
DAFTAR ISI .....................................................................................................................  3
BAB I PENDAHULUAN
-            1.1 Latar Belakang .............................................................................................  4
-            1.2 Tujuan........................................................................................................... 4
-            1.3 Perumusan Masalah....................................................................................... 4
-            1.4 Manfaat......................................................................................................... 5
BAB II PEMBAHASAN
-            2.1 Pengertian Gadget........................................................................................ 6
-            2.2 Perkembangan Gadget.................................................................................. 7
-            2.3 Peranan Gadget terhadap perkembangan remaja.......................................... 8
-            2.4 Dampak dari Gadget..................................................................................... 10
BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan...................................................................................................................... 14
B.Saran................................................................................................................................ 14

DAFTAR PUSTAKA





BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Di zaman yang sangat modern ini, Suatu titik terang yang bermula pada suatu kesederhanaan pada kehidupan manusia, telah menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan bernama TEKNOLOGI. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi.
Konsumsi remaja akan teknologi menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat dekat dan tanpa jarak.
            Contohnya pada salah satu fasilitas canggih pada masa ini yang akan dibahas yaitu Gagdet, Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi sangat berperan dalam perkembangan remaja. Kemajuan teknologi seakan-akan tidak dapat dipisahkan.

1.2  Tujuan Penelitian
Dalam Makalah ini penulis mempunyai beberapa tujuan yaitu :
1.      Untuk mengetahui perkembangan gadget bagi remaja
2.      Memberikan informasi definisi gadget beserta contoh-contohnya.
3.      Menambah wawasan mengenai peranan gadget dalam kehidupan.
4.      Memberikan informasi mengenai dampak positif dan negatif menggunakan gadget.
5.      Memberikan masukan bagi pengguna gadget agar menggunakan teknologi ini dengan bijak.
1.3  Perumusan Masalah
Berdasarkan tujuan penelitian makalah maka penulis merumuskan masalah sebagai
berikut :
1.      Apa yang dimaksud Gagdet?
2.      Bagaimana Perkembangan Gadget?
3.      Apa peranan Gadget Bagi Remaja?
4.      Apa Dampak Gadget terhadap remaja?

1.4  Manfaat Penelitian
Manfaat makalah ini khususnya kaum remaja dapat lebih memahami dan menambah wawasan mengenai gadget, peran gadget serta dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gadget.





BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Gadget
            Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.
Dengan semakin membanjirnya piranti baru dengan berbagai jenis, ukuran, dan fungsi, orang mulai terbiasa mendengarkan istilah umum gadget yang digunakan untuk mengacu ke piranti canggih yang memiliki fungsi praktis spesifik dengan kegunaan tertentu. MP3 player, laptop, netbook, kamera, TV 3D, E-Reader, Xbox, tablet, dan berbagai macam yang lain dapat disebut sebagai gadget. Salah satu jenis gadget yang paling akrab dalam kehidupan sehari-hari adalah handphone. Gadget jenis ini mengalami kemajuan dan pertumbuhan yang cukup signifikan. Penemuan baru selalu menjadi daftar spesifikasi yang dihadirkan. Sekarang ini handphone tidak semata-mata hanya digunakan untuk berkomunikasi, teknologi baru yang diterapkan memungkinkannya sebagai kamera, perekam video, peta digital, pemutar musik, jaringan internet, dan lain sebagainya.

2.2 Perkembangan Gadget
            Di zaman yang sangat modern pada saat ini perkembangan teknologi terus berkembang. Karena perkembangan teknologi akan berjalan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin tinggi. Teknologi diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan memberikan nilai yang positif. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
            Tablet dan smartphone ialah gadget yang paling banyak digunakan saat ini karena ukurannya yang kecil, mudah di bawa kemana-mana sehingga orang menganggap nya lebih praktis. Seiring dengan kemajuan dunia teknologi saat ini yang berkembang sangat pesat, bahkan mungkin saat kita sedang tidur pun dunia teknologi terus menerus melakukan pengembangannya untuk memenuhi kebutuhan manusia akan teknologi yang modern dan praktis. Dan mungkin beberapa benda yg disebut dengan gadget ini ada ditangan kita seperti BlackBerry, Apple, Android. Ketiga merek tersebut sangat banyak dipasar indonesia.
1.      Blackberry
BlackBerry adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, messenger (Blackberry Messenger/BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Penggunaan gadget canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia.
BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel.
Akibat tuntutan pemerintah Indonesia, Blackberry akhirnya membuka kantor perwakilan di Indonesia pada November 2010.
Produk yang menjadi andalan utama dan membuat BlackBerry digemari di pasar adalah fitur email cepat (push e-mail). Produk ini mendapat sebutan email cepat karena seluruh email baru, daftar kontak, dan informasi jadwal (calendar) “ditampilkan” langsung ke dalam BlackBerry secara otomatis.
Seperti yang telah disebutkan di atas mengenai keunggulan dari BlackBerry, yaitu push e-mail. Dengan push e-mail semua e-mail masuk dapat diteruskan langsung ke ponsel. E-mail juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server BlackBerry sehingga aman dari virus. Lampiran file berupa dokumen Microsoft Office dan PDF dapat dibuka dengan mudah. Sebuah e-mail berukuran 1 MB, jika diterima melalui push e-mail dapat menjadi 10 kb dengan isi yang tetap. (RBA4762)
2.      Apple
Duo karib sejak SMU, Steven Wozniak dan Steve Jobs memulai Apple Computer. Produk pertama mereka, Apple I, dibangun dalam bentuk papan sirkuit. Mereka memeragakannya di "Homebrew Computer Club" di Palo Alto, California.
Lalu pada 1977 - Apple meluncurkan Apple II. Sebuah komputer pribadi pertama dalam desain casing plastik dan grafis internal warna.
Setelah melalui begitu panjangannya perjalanan yang dilalui Steve dan kawan kawan.
Pada tahun 2001 Apple memperkenalkan iPod, pada tahun 2003 Apple membuka iTunes Store, toko online memungkinkan pengguna untuk membeli dan men-download musik, audiobooks, film dan TV. Lalu empat tahun berilutnya Apple memperkenalkan iPhone, iPhone sukses menarik minat para konsumen Gadget di dunia dengan kecanggihan dan banyaknya applikasi yang mendukung produk tersebut. Pada tahun 2008 Apple membuka App Store sebagai update ke iTunes. Lalu pada tahun 2010 Apple memperkenalkan iPad, tablet layar sentuh 10 inci, dan memiliki pangsa 84 persen dari pasar tablet di akhir 2010. Apple berkembang dengan sangat pesat dan menjadi perusahaan yang paling berharga di AS.
3.      Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Kerjasama dengan Android Inc.
Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.
Versi Android terbaru yaitu versi 3.0.1 Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Samsung, Sony Ericsson dan lainnya.
2.3 Peranan Gadget Bagi Remaja
            Gadget merupakan salah satu teknologi yang sangat berperan pada era globalisasi ini. Sekarang gadget bukanlah benda yang asing lagi, hampir setiap remaja memilikinya. Contohnya handphone yang kini telah dinikmati oleh banyak kalangan remaja. Selain itu, disetiap remaja paling tidak  mempunyai sedikitnya dua buah macam gadget. Gadget mutakhir seperti Blackberry (BB) atau iPhone kini sudah menjadi bagian vital dari kehidupan remaja sehingga selalu dibawa ke mana pun, termasuk saat pergi ke toilet untuk buang hajat sambil menggunakan gadget mutakhir ini sehingga penggunanya sering kali menjadi lupa diri karena asyik bermain games, chat, atau BBM-an.
Bagi sebagian orang, gadget bisa disebut sebagai pasangan hidup. Karena tanpa gadget mereka akan merasa sangat kesulitan. Bagi orang-orang tersebut, gadget merupakan benda yang mutlak mereka miliki. Bahkan tidak jarang diantara mereka yang rela menghamburkan uang untuk mengoleksi gadget-gadget kesukaan mereka. Mengoleksi gadget tidak dilarang tetapi malah dianjurkan karena gadget yang super fungsi ini dapat membantu mempermudah pekerjaan kita. Dengan catatan harus disesuaikan dengan pendapatan. Jika kita tidak pandai mengatur pendapatan dan pengeluaran, maka keinginan untuk mengoleksi gadget hanya akan menimbulkan gaya hidup konsumtif yang akan membawa pengaruh buruk bagi kehidupan kita.
           
2.4 Dampak dari Gadget
Segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi tentunya mempunyai dampak positif dan negatif, tergantung dari pengguna itu sendiri.
Berikut adalah beberapa contoh dampak positif dan negatif menggunakan gadget.
1.      Dampak Positif
-          Sebagian besar gadget mudah dibawa kemana-mana sehingga kita dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki gadget dimanapun dan kapanpun.
-          Dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan secara efektif misalnya dengan menggunakan komputer atau laptop.
-          Dapat mempermudah komunikasi dengan menggunakan handphone via SMS dan telepon.
-          Selain itu jika kita bepergian, kita dapat mengetahui dimana posisi kita karena GPS sudah mulai tertanam di handphone terkini.
-          Kita bisa bermain game-game canggih yang dimainkan melalui video games gadget seperti PSP yang dapat menjadi sarana hiburan.
-          Dengan menggunakan video gadget seperti MP4 player, kita tidak perlu lagi menonton film atau video di komputer, kita bisa menonton film di MP4 secara langsung walaupun dengan ukuran yang lebih kecil.
-          Bagi pecinta musik, kita dapat mendengarkan musik sepuasnya dengan menggunakan audio gadget seperti iPods.
-          Gadget ini dapat merekam apapun dan dilengkapi fitur radio FM serta kemampuan membaca eBook yang juga ditanamkan didalamnya.
-          Kita bisa mengambil foto atau merekam aktivitas dengan menggunakan gadget, misalnya kamera poket.
-          Kita dapat mengetahui dan mengikuti segala perkembangan yang ada di dunia dengan menggunakan gadget seperti Skiff Reader via internet.
2.      Dampak Negatif
-          Menimbulkan sifat konsumtif bagi mereka yang suka mengoleksi gadget karena harga gadget relatif mahal.
-          Banyak Remaja yang sering menonton televise sebelum tidur mungkin akan mengalami masalah konsentrasi dan kehilangan mood belajar keesokan harinya.
-          Maniac gadget biasanya suka menghabiskan banyak waktu bersama gadget - gadgetnya sehingga dapat melalaikan kewajibannya.
-          Menurunkan prestasi belajar bagi yang suka bermain video games.
-          Gadget kerap berpengaruh pada kesehatan. Misalnya, jika terlalu lama menatap komputer atau laptop akan merusak penglihatan dan jika terlalu keras mendengarkan musik akan merusak pendengaran.
-          Gadget yang fungsinya sebagai alat untuk menyimpan video seperti iPad, bagi pengguna yang tidak bertanggung jawab bisa dijadikan sebagai sarana untuk menyimpan video asusila atau gambar-gambar yang tidak senonoh.




BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Salah satu teknologi yang saat ini sedang populer dan paling banyak diminati adalah gadget. Gadget adalah teknologi yang sangat tepat untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kita secara efektif dan sebagai sarana hiburan. Gadget sangat beragam jenisnya seperti audio gadget, iPods, video gadget, kamera gadget, dan sebagainya. Seiring dengan perkembangan zaman, gadgetpun terus berkembang baik dari segi fitur maupun bentuknya. Peminat gadget sangatlah banyak karena fasilitas yang dimilikinya sangatlah menarik sehingga peranan gadget dalam kehidupan sangatlah besar. Namun, perlu diingat bahwa gadget tidak hanya menimbulkan dampak positif bagi penggunanya tetapi juga menimbulkan dampak negatif. Karena itu kita harus cermat dalam menggunakan teknologi mutakhir ini.
B.     Saran
-          Fasilitas yang telah diberikan dalam sebuah gadget sebaiknya dipergunakan dengan sebaik mungkin dan sebagaimana mestinya.
-          Dapat menggunakan teknologi ini dengan bijak agar tidak terkena dampak negatifnya.
-          Penggunaan gadget yang tidak sewajarnya dapat berpengaruh pada kesehatan. Karenanya, kita harus mempergunakan gadget dengan cermat agar kiranya tidak berakibat buruk bagi kesehatan.
-          Bagi Anda yang termasuk maniac gadget hendaknya dapat mengatur waktu seperti mengurangi intensitas pemakaian gadget
-          Bagi Anda yang suka mengoleksi gadget hendaknya dapat mengatur mana keperluan yang lebih penting atau tidak penting agar tidak menimbulkan gaya hidup yang konsumtif.Sebagai generasi muda, kita perlu berperan dalam kemajuan teknologi yang ada pada era globalisasi ini agar kita selalu dapat mengikuti perkembangan zaman
DAFTAR PUSTAKA

Dasep.2012.”Pengertian dan Jenis-Jenis Gadget”. Diunduh : http://infosagala.com/pengertian-dan-jenis-gadget/ . 27 November 2013.20:18.
Ridwan,Andri.2012.”Perkembangan Gadget”. http://berbagiuntukandasemua.blogspot.com/2012/01/perkembangan-gadget-di-indonesia.html. 27 November 2013.20:21.
Risal,Muhammad.2011.”Apa itu Gadget dan Pengertian Gadget”.diunduh : http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html. 27 November 2013.20:15.
Sahputra,Dhanny Rizki.2013.”Peranan Gadget Perkembangan Remaja”.diunduh : http://dhanyrizki30.blogspot.com/2013/04/karya-ilmiah-pengaruh-perkembangan.html.  27 November 2013.20:10.

ALAMAT BLOG


           



3 komentar

  1. Deposit Pulsa Telah Hadir di ANAPOKER!!
    Tunggu Apalagii Langsung saja BERGABUNG dengan GameOnline Anapoker
    dan Masih banyak PROMO dan BONUSS Menarik !!!

    INFO lebih lanjut bisa langsung ke https: https://bit.ly/2FSTG9o
    Untuk info lebih lanjut hub contact :
    Whatsapp : 085222555128

    BalasHapus
  2. Promo Bonus Deposit 100% => alturl.com/gs29b
    👌🏻Situs Judi Online Resmi, Aman, dan Terpercaya
    ⚽️Sportsbook (SBOBET, CMD, UBOBET)
    🎲Live Casino
    🎰Judi Slot Online
    🃏IDNPOKER
    WA: +6282232100848

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading