Peranan Gadget Terhadap Perkembangan Remaja
Diajukan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia
Disusun oleh :
Laufi Dian Deodo Saputra 672013037
Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Kristen Satya Wacana
2013
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur dipanjatkan ke
Hadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya,
sehingga penulis bisa menyusun makalah ini dengan baik dan tepat waktunya yang
berjudul “Peranan Gadget Terhadap Perkembangan Remaja”.
Makalah ini dibuat untuk
memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan terselesaikannya karya
tulis ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
memberikan kontribusi yang sangat membantu penulis dalam penyusunan makalah ini
Penulis menyadari bahwa masih
banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, oleh karena itu penulis
mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun penulis. Penulis berharap
makalah yang telah dibuat ini bisa bermanfaat serta menambah pengetahuan
pembaca.
Salatiga,
Desember 2013
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ....................................................................................................... 2
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... 3
BAB I PENDAHULUAN
-
1.1 Latar Belakang ............................................................................................. 4
-
1.2 Tujuan...........................................................................................................
4
-
1.3 Perumusan Masalah.......................................................................................
4
-
1.4 Manfaat.........................................................................................................
5
BAB II PEMBAHASAN
-
2.1 Pengertian Gadget........................................................................................
6
-
2.2 Perkembangan Gadget..................................................................................
7
-
2.3 Peranan Gadget terhadap perkembangan remaja..........................................
8
-
2.4 Dampak dari Gadget..................................................................................... 10
BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan...................................................................................................................... 14
B.Saran................................................................................................................................ 14
DAFTAR PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di zaman yang sangat modern
ini, Suatu titik terang yang bermula pada suatu kesederhanaan pada kehidupan
manusia, telah menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek
kehidupan bernama TEKNOLOGI. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa
terlepas dari teknologi.
Konsumsi remaja akan teknologi
menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih komunikasi yang dulunya
memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini dengan teknologi segalanya
menjadi sangat dekat dan tanpa jarak.
Contohnya pada salah satu fasilitas canggih pada masa ini
yang akan dibahas yaitu Gagdet, Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi sangat
berperan dalam perkembangan remaja. Kemajuan teknologi seakan-akan tidak dapat
dipisahkan.
1.2 Tujuan Penelitian
Dalam
Makalah ini penulis mempunyai beberapa tujuan yaitu :
1.
Untuk mengetahui perkembangan gadget bagi remaja
2.
Memberikan informasi definisi gadget beserta contoh-contohnya.
3.
Menambah wawasan mengenai peranan gadget dalam kehidupan.
4.
Memberikan informasi mengenai dampak positif dan negatif menggunakan
gadget.
5.
Memberikan masukan bagi pengguna gadget agar menggunakan teknologi ini
dengan bijak.
1.3 Perumusan Masalah
Berdasarkan
tujuan penelitian makalah maka penulis merumuskan masalah sebagai
berikut
:
1.
Apa yang dimaksud Gagdet?
2.
Bagaimana Perkembangan Gadget?
3.
Apa peranan Gadget Bagi Remaja?
4.
Apa Dampak Gadget terhadap remaja?
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat makalah ini khususnya kaum remaja dapat lebih
memahami dan menambah wawasan mengenai gadget, peran gadget serta dampak yang
ditimbulkan dari penggunaan gadget.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Gadget
Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa
Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus.
Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang
membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”.
Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi
terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.
Dengan semakin membanjirnya
piranti baru dengan berbagai jenis, ukuran, dan fungsi, orang mulai terbiasa
mendengarkan istilah umum gadget yang digunakan untuk mengacu ke piranti
canggih yang memiliki fungsi praktis spesifik dengan kegunaan tertentu. MP3
player, laptop, netbook, kamera, TV 3D, E-Reader, Xbox, tablet, dan berbagai
macam yang lain dapat disebut sebagai gadget. Salah satu jenis gadget yang
paling akrab dalam kehidupan sehari-hari adalah handphone. Gadget jenis ini
mengalami kemajuan dan pertumbuhan yang cukup signifikan. Penemuan baru selalu
menjadi daftar spesifikasi yang dihadirkan. Sekarang ini handphone tidak
semata-mata hanya digunakan untuk berkomunikasi, teknologi baru yang diterapkan
memungkinkannya sebagai kamera, perekam video, peta digital, pemutar musik,
jaringan internet, dan lain sebagainya.
2.2 Perkembangan Gadget
Di zaman yang sangat modern pada
saat ini perkembangan teknologi terus berkembang. Karena perkembangan teknologi
akan berjalan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin tinggi.
Teknologi diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia dalam
melakukan aktivitas sehari-hari dan memberikan nilai yang positif. Namun
demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif,
di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Tablet dan smartphone ialah gadget
yang paling banyak digunakan saat ini karena ukurannya yang kecil, mudah di
bawa kemana-mana sehingga orang menganggap nya lebih praktis. Seiring dengan
kemajuan dunia teknologi saat ini yang berkembang sangat pesat, bahkan mungkin
saat kita sedang tidur pun dunia teknologi terus menerus melakukan
pengembangannya untuk memenuhi kebutuhan manusia akan teknologi yang modern dan
praktis. Dan mungkin beberapa benda yg disebut dengan gadget ini ada ditangan
kita seperti BlackBerry, Apple, Android. Ketiga merek tersebut sangat banyak
dipasar indonesia.
1.
Blackberry
BlackBerry
adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon,
sms, menjelajah internet, messenger (Blackberry Messenger/BBM), dan berbagai
kemampuan nirkabel lainnya. Penggunaan gadget canggih ini begitu fenomenal
belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion. BlackBerry
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, Research In
Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data
nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia.
BlackBerry
pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh
operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan
pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Pasar
BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air
yakni Excelcom dan Telkomsel.
Akibat
tuntutan pemerintah Indonesia, Blackberry akhirnya membuka kantor perwakilan di
Indonesia pada November 2010.
Produk
yang menjadi andalan utama dan membuat BlackBerry digemari di pasar adalah
fitur email cepat (push e-mail). Produk ini mendapat sebutan email cepat karena
seluruh email baru, daftar kontak, dan informasi jadwal (calendar)
“ditampilkan” langsung ke dalam BlackBerry secara otomatis.
Seperti
yang telah disebutkan di atas mengenai keunggulan dari BlackBerry, yaitu push
e-mail. Dengan push e-mail semua e-mail masuk dapat diteruskan langsung ke
ponsel. E-mail juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server
BlackBerry sehingga aman dari virus. Lampiran file berupa dokumen Microsoft
Office dan PDF dapat dibuka dengan mudah. Sebuah e-mail berukuran 1 MB, jika
diterima melalui push e-mail dapat menjadi 10 kb dengan isi yang tetap.
(RBA4762)
2.
Apple
Duo
karib sejak SMU, Steven Wozniak dan Steve Jobs memulai Apple Computer. Produk
pertama mereka, Apple I, dibangun dalam bentuk papan sirkuit. Mereka
memeragakannya di "Homebrew Computer Club" di Palo Alto, California.
Lalu
pada 1977 - Apple meluncurkan Apple II. Sebuah komputer pribadi pertama dalam
desain casing plastik dan grafis internal warna.
Setelah
melalui begitu panjangannya perjalanan yang dilalui Steve dan kawan kawan.
Pada
tahun 2001 Apple memperkenalkan iPod, pada tahun 2003 Apple membuka iTunes
Store, toko online memungkinkan pengguna untuk membeli dan men-download musik,
audiobooks, film dan TV. Lalu empat tahun berilutnya Apple memperkenalkan
iPhone, iPhone sukses menarik minat para konsumen Gadget di dunia dengan
kecanggihan dan banyaknya applikasi yang mendukung produk tersebut. Pada tahun
2008 Apple membuka App Store sebagai update ke iTunes. Lalu pada tahun 2010
Apple memperkenalkan iPad, tablet layar sentuh 10 inci, dan memiliki pangsa 84
persen dari pasar tablet di akhir 2010. Apple berkembang dengan sangat pesat
dan menjadi perusahaan yang paling berharga di AS.
3.
Android
Android
adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android
menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi
mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google
Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk
ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset
Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan
telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan
Nvidia.
Pada
saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset
Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat
seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi
Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di
dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang
mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua
adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau
dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Kerjasama
dengan Android Inc.
Pada
Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di
Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada
Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat
itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak
pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar
telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas
mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal
ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan
dalam pasar telepon seluler.
Versi
Android terbaru yaitu versi 3.0.1 Android juga sudah bergabung dengan beberapa
smart mobile seperti Samsung, Sony Ericsson dan lainnya.
2.3 Peranan Gadget Bagi Remaja
Gadget merupakan salah satu teknologi yang sangat berperan pada era
globalisasi ini. Sekarang gadget bukanlah benda yang asing lagi, hampir setiap remaja
memilikinya. Contohnya
handphone yang kini telah dinikmati oleh banyak kalangan remaja. Selain itu, disetiap
remaja paling tidak mempunyai sedikitnya
dua buah macam gadget. Gadget mutakhir seperti Blackberry (BB) atau iPhone kini
sudah menjadi bagian vital dari kehidupan remaja sehingga selalu dibawa ke mana
pun, termasuk saat pergi ke toilet untuk buang hajat sambil menggunakan gadget
mutakhir ini sehingga penggunanya sering kali menjadi lupa diri karena asyik
bermain games, chat, atau BBM-an.
Bagi
sebagian orang, gadget bisa disebut sebagai pasangan hidup. Karena tanpa gadget
mereka akan merasa sangat kesulitan. Bagi orang-orang tersebut, gadget
merupakan benda yang mutlak mereka miliki. Bahkan tidak jarang diantara mereka
yang rela menghamburkan uang untuk mengoleksi gadget-gadget kesukaan mereka.
Mengoleksi gadget tidak dilarang tetapi malah dianjurkan karena gadget yang
super fungsi ini dapat membantu mempermudah pekerjaan kita. Dengan catatan
harus disesuaikan dengan pendapatan. Jika kita tidak pandai mengatur pendapatan
dan pengeluaran, maka keinginan untuk mengoleksi gadget hanya akan menimbulkan gaya
hidup konsumtif yang akan membawa pengaruh buruk bagi kehidupan kita.
2.4 Dampak dari Gadget
Segala
sesuatu yang berhubungan dengan teknologi tentunya mempunyai dampak positif dan
negatif, tergantung dari pengguna itu sendiri.
Berikut
adalah beberapa contoh dampak positif dan negatif menggunakan gadget.
1.
Dampak Positif
-
Sebagian besar gadget mudah dibawa kemana-mana sehingga kita dapat
menggunakan fasilitas yang dimiliki gadget dimanapun dan kapanpun.
-
Dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan secara efektif misalnya dengan
menggunakan komputer atau laptop.
-
Dapat mempermudah komunikasi dengan menggunakan handphone via SMS dan
telepon.
-
Selain itu jika kita bepergian, kita dapat mengetahui dimana posisi kita
karena GPS sudah mulai tertanam di handphone terkini.
-
Kita bisa bermain game-game canggih yang dimainkan melalui video games
gadget seperti PSP yang dapat menjadi sarana hiburan.
-
Dengan menggunakan video gadget seperti MP4 player, kita tidak perlu lagi
menonton film atau video di komputer, kita bisa menonton film di MP4 secara
langsung walaupun dengan ukuran yang lebih kecil.
-
Bagi pecinta musik, kita dapat mendengarkan musik sepuasnya dengan
menggunakan audio gadget seperti iPods.
-
Gadget ini dapat merekam apapun dan dilengkapi fitur radio FM serta
kemampuan membaca eBook yang juga ditanamkan didalamnya.
-
Kita bisa mengambil foto atau merekam aktivitas dengan menggunakan gadget,
misalnya kamera poket.
-
Kita dapat mengetahui dan mengikuti segala perkembangan yang ada di dunia
dengan menggunakan gadget seperti Skiff Reader via internet.
2.
Dampak Negatif
-
Menimbulkan sifat konsumtif bagi mereka yang suka mengoleksi gadget karena
harga gadget relatif mahal.
-
Banyak Remaja yang sering menonton televise sebelum tidur mungkin akan
mengalami masalah konsentrasi dan kehilangan mood belajar keesokan harinya.
-
Maniac gadget biasanya suka menghabiskan banyak waktu bersama gadget - gadgetnya
sehingga dapat melalaikan kewajibannya.
-
Menurunkan prestasi belajar bagi yang suka bermain video games.
-
Gadget kerap berpengaruh pada kesehatan. Misalnya, jika terlalu lama
menatap komputer atau laptop akan merusak penglihatan dan jika terlalu keras
mendengarkan musik akan merusak pendengaran.
-
Gadget yang fungsinya sebagai alat untuk menyimpan video seperti iPad, bagi
pengguna yang tidak bertanggung jawab bisa dijadikan sebagai sarana untuk
menyimpan video asusila atau gambar-gambar yang tidak senonoh.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Salah
satu teknologi yang saat ini sedang populer dan paling banyak diminati adalah
gadget. Gadget adalah teknologi yang sangat tepat untuk membantu menyelesaikan
pekerjaan kita secara efektif dan sebagai sarana hiburan. Gadget sangat beragam
jenisnya seperti audio gadget, iPods, video gadget, kamera gadget, dan sebagainya.
Seiring dengan perkembangan zaman, gadgetpun terus berkembang baik dari segi
fitur maupun bentuknya. Peminat gadget sangatlah banyak karena fasilitas yang
dimilikinya sangatlah menarik sehingga peranan gadget dalam kehidupan sangatlah
besar. Namun, perlu diingat bahwa gadget tidak hanya menimbulkan dampak positif
bagi penggunanya tetapi juga menimbulkan dampak negatif. Karena itu kita harus
cermat dalam menggunakan teknologi mutakhir ini.
B.
Saran
-
Fasilitas yang telah diberikan dalam sebuah gadget sebaiknya dipergunakan
dengan sebaik mungkin dan sebagaimana mestinya.
-
Dapat menggunakan teknologi ini dengan bijak agar tidak terkena dampak
negatifnya.
-
Penggunaan gadget yang tidak sewajarnya dapat berpengaruh pada kesehatan.
Karenanya, kita harus mempergunakan gadget dengan cermat agar kiranya tidak
berakibat buruk bagi kesehatan.
-
Bagi Anda yang termasuk maniac gadget hendaknya dapat mengatur waktu
seperti mengurangi intensitas pemakaian gadget
-
Bagi Anda yang suka mengoleksi gadget hendaknya dapat mengatur mana
keperluan yang lebih penting atau tidak penting agar tidak menimbulkan gaya
hidup yang konsumtif.Sebagai generasi muda, kita perlu berperan dalam kemajuan
teknologi yang ada pada era globalisasi ini agar kita selalu dapat mengikuti
perkembangan zaman
DAFTAR PUSTAKA
2012.diunduh : http://news.liputan6.com/read/473622/ketergantungan-mahasiswa-terhadap-gadget. 27 November 2013.20:23.
Dasep.2012.”Pengertian dan Jenis-Jenis Gadget”. Diunduh :
http://infosagala.com/pengertian-dan-jenis-gadget/ . 27 November 2013.20:18.
Kediri,Ochim.2012.diunduh : http://ochimkediri.wordpress.com/2012/10/21/dampak-negatif-penggunaan-gadget-secara-berlebihan/. 27 November 2013.20:19.
Ridwan,Andri.2012.”Perkembangan Gadget”.
http://berbagiuntukandasemua.blogspot.com/2012/01/perkembangan-gadget-di-indonesia.html. 27 November 2013.20:21.
Risal,Muhammad.2011.”Apa itu Gadget dan Pengertian
Gadget”.diunduh
: http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html. 27 November 2013.20:15.
Sahputra,Dhanny Rizki.2013.”Peranan Gadget Perkembangan
Remaja”.diunduh : http://dhanyrizki30.blogspot.com/2013/04/karya-ilmiah-pengaruh-perkembangan.html. 27 November 2013.20:10.
ALAMAT BLOG
BalasHapushttps://wsdsite.wordpress.com/2017/11/26/gunung-agung-meletus-desa-ini-sepi-ditinggal-penghuninya/
Deposit Pulsa Telah Hadir di ANAPOKER!!
BalasHapusTunggu Apalagii Langsung saja BERGABUNG dengan GameOnline Anapoker
dan Masih banyak PROMO dan BONUSS Menarik !!!
INFO lebih lanjut bisa langsung ke https: https://bit.ly/2FSTG9o
Untuk info lebih lanjut hub contact :
Whatsapp : 085222555128
Promo Bonus Deposit 100% => alturl.com/gs29b
BalasHapus👌🏻Situs Judi Online Resmi, Aman, dan Terpercaya
⚽️Sportsbook (SBOBET, CMD, UBOBET)
🎲Live Casino
🎰Judi Slot Online
🃏IDNPOKER
WA: +6282232100848