Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

PENGARUH JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER REMAJA

Selasa, 03 Desember 2013

PENGARUH JEJARING SOSIAL FACEBOOK
TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER REMAJA




DISUSUN OLEH :

                                    NAMA             : HAFIZ BAYU ARDYATAMA
                                    NIM                 : 672013035

PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

2013



KATA PENGANTAR

      Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena dengan rahmat, dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengaruh Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perkembangan Karakter Remaja”.
      Terimakasih penulis ucapkan kepada Ibu Evi selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia yang telah membimbing sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah tersebut.
      Dan tak lupa pula peulis ucapkan kepada teman-teman yang telah membantu penulisan karya ilmiah secara langsung maupun tidak langsung.
      Dengan selesainya makalah ini, penulis mengharapkan akan dapat memberikan pengetahuan kepada para pembaca.
      Penulis sadar bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, sudilah pembaca memberikan masukan dan saran.



DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I Pendahuluan
1.1      Latar Belakang................................................................................................. 1
1.2      Perumusan Masalah....................................................................................... 1
1.3      Tujuan Penulisan............................................................................................ 2
1.4      Manfaat Penulisan.......................................................................................... 2
BAB II Pembahasan
2.1      Pengertian Remaja Dalam Tugas Perkembangan.................................... 3
2.2      Pengertian Jejaring Sosial Facebook dan Sejarah Facebook................ 4
2.3      Pengaruh HP dan Facebook Bagi Perkembangan Remaja.................... 6
2.4      Manfaat Penggunaan Facebook.................................................................. 7
2.5      Dampak Penggunaan Facebook Bagi Remaja.......................................... 9
2.6      Upaya Mencegah Dampak Negatif Facebook............................................ 11
BAB III Penutup
3.1      Kesimpulan....................................................................................................... 12
3.2      Saran................................................................................................................. 12
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
                        Masa remaja adalah masa dimana seseorang akan mengalami perubahan dalam hidupnya, baik dari segi fisik maupun psikis. Dalam masa ini seseorang akan mengalami tingkat kedewasaan dalam menghadapi hidup ini.
                        Salah satu kecenderungan yang dilakukan remaja pada saat ini adalah penggunaan jejaring sosial melalui akses internet untuk mendapatkan segala informasi, teman dll. Penggunaan jejaring sosial facebook bagi para remaja sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi bahkan tidak sedikit para remaja mengabaikan kebutuhan pokok yang sesungguhnya demi bersentuhan dengan jejaring sosial di dunia maya.
                        Membangun pergaulan melalui Jejaring sosial facebook  yang mendapatkan informasi yang sedang hangat adalah tujuan dari para remaja menggunakan akses internet untuk mengakses jejaring sosial.
                        Kemajuan teknologi tidak dapat kita hindari, karena kemajuan teknologi berbanding lurus dengan kemajuan dalam ilmu pengetahuan. Kemajuan ini tidak dapat dipisahkan dari dunia remaja yang membutuhkan fasilitas untuk mengakses informasi, mendapatkan banyak teman, serta memenuhi rasa ingin tahunya yang sangat besar terhadap hal-hal baru.

1.2        Perumusan Masalah
1.    Pengertian remaja dalam tugas perkembangan
2.    Pengertian jejaring sosial Facebook dan sejarah facebook
3.    Pengaruh HP dan facebook bagi perkembangan remaja
4.    Manfaat penggunaan Facebook
5.    Dampak penggunakan facebook bagi remaja
6.    Upaya-upaya untuk mencegah dampak negatif dari facebook di kalangan remaja



1.3        Tujuan Penulisan
1.    Mengetahui pengertian facebook dikalangan remaja
2.    Mengetahui dampak positif dari facebook
3.    Mengetahui peran facebook dalam pembentukan karakter remaja
4.    Mengetahui beberapa upaya pencegahan dampak negatif dari facebook dikalangan remaja
5.    Mengetahui cara memanfaatkan facebook dengan baik dan benar


1.4        Manfaat Penulisan
     Menambah wawasan dan pengetahuan tentang peran teknologi dalam perkembangan karakter remaja.


  
BAB II
PEMBAHSAN

2.1      Pengertian Remaja Dalam Tugas Perkembangan
                        Istilah adolescence atau remaja berasal dari kata Latin (adolescere) (kata bendanya adolescentia yang berarti remaja) yang berarti “tumbuh” atau “tumbuh menjadi dewasa”. Instilah adolescence, seperti yang dipergunakan sekarang memiliki arti yang lebih luas, mencakup kematangan mental, emosional, sosial, dan fisik. Pandangan ini diungkapkan oleh Piaget (121) dengan mengatakan “secara psikologis, masa remaja adalah usia dimana individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa, usia di mana anak tidak lagi merasa dibawah tingkat orang – orang yang lebih tua melainkan berada di tingkatan yang sama, sekurang – kurangnya dalam masalah hak. termasuk juga perubahan intelektual yang khas dari cara berpikir remaja ini memungkinkannya untuk mencapai integrasi dalam hubungan sosial orang dewasa.
                        Dalam tugas perkembangan sebagai remaja, pada umumnya remaja cenderung menghentikan aktivitas rekreasi yang menuntut banyak pengorbanan tenaga dan berhenti dari perkembangan kesukaan akan rekreasi yang didalamnya ia bertindak sebagai pengamat yang pasif.

Ciri-ciri remaja ditinjau dari psikis:
·         Suka mencoba hal-hal yang baru tanpa memperhatikan baik atau buruk.
·         Sudah mulai menyukai lawan jenis.
·         Lebih rapi ( memperhatikan penampilan).
·         Sering memiliki permasalahan yang kompleks.
·         Dan sebagainya.





2.2      Pengertian Jejaring Sosial Facebook dan Sejarah Facebook

            Sejarah Facebook
                        Mark Zuckerbeg ialah sosok seorang pemuda yang merupakan pendiri jejaring sosial yaitu Facebook. Pada awalnya Mark Zuckerberg mengenal pemrograman dari kelas enam, ia awal mengenal pemrograman dari sebuah buku yang berjudul "C++ for Dummies". Buku tersebut dijadikan panduan oleh Mark Zuckerbeg untuk awal mulainya ia mengenal dengan dunia pemrograman.
                        Ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard, Mark Zukerberg pernah membuat situs facemash.com pada tanggal 28 Oktober 2003. Secara ilegal ia mengambil foto teman sekelas di Harvard dan menampilkannya di situs miliknya berdampingan dengan foto binatang. Mark Zukerberg juga pernah melakukan peretasan jaringan komputer Harvard untuk  mencuri data pribadi penghuni asrama di Harvard yang kemudian di publish ke situsnya. Karena hal ini membuat situs facemash mendadak terkenal. Setelah itu, Zuckerberg dihukum karena telah menembus keamanan jaringan komputer Harvard, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam di drop-out. Namun, akhirnya hukuman tersebut dibatalkan oleh pihak kampus.
                        Dengan munculnya kasus ini Mark Zuckerberg diajak bergabung dengan 3 orang mahasiswa di Harvard University yaitu Cameron Winklevoss , Divya Narendra dan Tyler Winklevoss. Mereka mengerjakan proyek yang mereka idamkan yakni situs sosial khusus untuk mahasiswa Harvard, namun secara perlahan dan tidak diketahui oleh ketiga temannya ternyata Mark Zuckerberg sedang mengembangkan situs pribadinya.  Mark Zuckerberg sering berhubungan secara intensif dengan Aaron J. Greenspan yang sebelumnya membuat situs sosial dilingkungan Harvard, tapi akhirnya oleh pihak kampus menutup situsnya karena pelanggaran privasi. Mark Zuckerberg juga berusaha meminta Aaron J. Greenspan untuk mendampinginya dalam menyelesaikan proyek pribadinya yang dirahasiakan namun Aaron J. Greenspan menolak membantu Mark, karena menurut Aaron, Mark Zuckerberg dianggap tidak profesional dan tidak meyakinkannya dalam semua bidang.
                        Pada awal tahun 2004, Mark Zuckerberg mulai mengerjakan situs yang benar-benar akan menjadi Facebook yang kita kenal sekarang, ia terinspirasi oleh sebuah artikel di The Harvard Crimson. Mark mulai bekerja pada proyek barunya setelah dia kembali ke sekolah pada bulan Januari, Kemudian Mark Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" situs beta thefacebook.com pada 4 Februari 2004.
                        The Facebook awalnya diluncurkan sebagai semacam buku tahunan online untuk para staf dan mahasiswa dari Harvard. Awalnya dia membuat situs tersebut dikamarnya sebagai sebuah tugas kuliah. Proyek situsnya dibangun di sebuah asrama di Harvard. Dalam mengembangkan situs ini Mark Zuckerberg, dibantu oleh teman sekamarnya dan sesama kuliah di Universitas Harvard, temannya yakni Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, Chris Hughes dan Andrew McCollum. Dalam satu hari, lebih dari dua belas ratus mahasiswa telah mendaftar ke situs milik Mark, pada akhir bulan pertama lebih dari setengah dari semua mahasiswa belajar di Harvard telah membuat halaman sendiri di situsnya.
                        Setelah enam hari situs The Facebook diluncurkan, Trio Harvard Connection, yakni Cameron Winklevoss, Divya Narendra, dan Tyler Winklevoss menuduh Mark Zukerberg sengaja lalai dalam menyelesaikain proyek yang diberikan kepada Zukerberg membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara Mark Zukerberg menggunakan ide Trio Harvard Connection untuk membuat situs The Facebook. Trio Harvard Connection mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar itu memulai dalam menginvestigasi kasus ini. Trio Harvard Connection tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Mark Zuckerberg ke pengadilan. Selama 4 tahun di pengadilan akhirnya kasus ini diselesaikan secara tertutup dimana The Facebook bersedia membayar sejumlah uang dan sahamnya kepada Trio Harvard Connection.
                        Anggota pada situs ini awalnya hanya para mahasiswa Harvard College saja, namun pada Maret 2004, Facebook kemudian memperluas diri ke Universitas-universitas lainnya. Pada Juni 2004, Facebook memindahkan perusahaannya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini pertama kali menerima investasi pada bulan Juni dari pendiri pendamping PayPal, yaitu Peter Thiel. Pada tahun 2005 perusahaan ini menghapus The di awal nama terdahulunya menjadi "Facebook" setelah membeli domain facebook.com dengan nilai $200.000.
                        Mark Zuckerberg menjadi pusat perhatian setelah Mark menolak tawaran dari Yahoo untuk membeli Facebook senilai $ 1 miliar. Mark Zuckerberg lebih memilih penawaran dari Microsoft dengan nilai kontrak $ 240 juta dolar. Microsoft memberikan 1,6% saham di Facebook yang akhirnya meningkatkan penilaian menjadi $ 15 milyar.
                        Sekarang Facebook merupakan jejaring sosial networking yang cukup terkenal. Ribuan orang di seluruh dunia telah mendaftarkan diri di situs ini. Di usia muda Mark Zuckerberg berhasil menjadi sosok seorang pemuda yang sukses berkat ketenaran Facebook


2.3       Pengaruh HP dan Facebook Bagi Perkembangan Remaja
                                    Di jaman ini, hampir bisa dipastikan setiap orang yg kita temui pastilah punya HP. Untuk beberapa orang bahkan bergeser fungsinya tidak lagi skdar untuk komunikasi tapi lebih untuk bisa eksis di mata teman temannya. Oleh karenanya pula tidak heran kalau ada yang punya 5 HP. Aneh?
                                    Tidak bisa dipungkiri memang. Semakin majunya jaman berimbas pada kecepatan majunya media komunikasi. HP salah satunya. Dulu, orang pikir-pikir untuk nelpon ke HP karena mempertimbangkan pulsanya. Kini, bahkan orang merasa sama sekali tidak sayang tiap bulan mengeluarkan setidaknya 100 ribu untuk berlangganan layanan provider telepon seluler (ponsel). Gaya hidup pun ikut berubah. Dari untuk menjalin komunikasi dan silaturahim menjadi pertaruhan eksistensi diri.
                        Lain HP lain lagi FB. FB adalah salah satu jejaring sosial yang diciptakan oleh anak muda kelahiran tahun 1984, Mark Zuckenberg. Awalnya, dia ciptakan jaringan maya super kompleks ini untuk tujuan sosial. Sekedar bisa mencari kawan lama atau kawan masa kecil. Dengan asumsi setiap orang akan bergabung di FB, maka siapapun bisa bernostalgia dengan kawan di masa lalu. Mark adalah anak muda kreatif yang menempuh pendidikan di Harvard University. Hingga dia menciptakan FB.
                        Demikianlah yang berjalan hingga banyak bermunculan produk turunan FB. Saking luasnya jaring yang dibuat FB, para penggunanya berpikir untuk memanfaatkannya tidak hanya untuk mengunggah foto, memperbarui status, dan forum diskusi saja. Orang yg ingin mencari untung dari FB kemudian membuat portal pendidikan, website bisnis, laman silaturahim, hingga kriminalitas. Demikianlah adanya. Banyak kemudahan dan peluang yang diciptakan FB.
                        Imbas menjamurnya FB adalah hadirnya fitur FB hampir di setiap HP baru. Untuk bisa update status, tak perlu ke warnet. Cukup menjejakkan jemari di keypad (papan ketik) HP dan OK maka status sudah diperbarui.

                              

2.4       Manfaat Penggunaan Facebook
            Secara umum Facebook memiliki manfaat :
1.    Dapat banyak teman
Karena pada dasarnya situs situs jejaring social semacam facebook memang dimaksudkan untuk  mencari dan memperbanyak teman. Tapi ini juga bergantung  pada motivasi seseorang dalam menggunakan facebook. Ada beberapa orang yang membuat akun facebook hanya sekedar mengikuti tren saja. Hanya sebagai syarat agar tidak disebut remaja kuper alias kurang pergaulan.


2.    Bertemu teman lama
Akun facebook adalah salah satu sarana untuk bertemu kembali dengan teman lama. Baik itu teman SMP, teman SMA maupun teman yang bertemu melalui jejaring sosial lain.
3.    Berbagi informasi
Kalau mempunyai informasi menarik dan bermanfaat bisashare di facebook. Sayangnya, saat ini masih jarang orang yang memanfaatkan facebook sebagai sarana untuk berbagi informasi.
Kebanyakan dari mereka hanya menggunakan facebook hanya untuk update stattus aktivitas dan chatting.
4.    Tempat curhat
Bisa  saja kita menyalurkan curhat ke dalam facebook, barang kali ada teman-teman yang menanggapi dan memberikan solusinya.
5.    Menyalurkan hobi menulis
Di facebook terdapat fasilitas note untuk menampung hobi kita dalam hal tulis-menulis. Bisa sekedar menulis curhatan, puisi, opini, tips, dan sebagainya.
6.    Media penyimpanan data
Selain sebagai media berbagi informasi. Facebook juga bias digunakan sebagai media penyimpanan data berupa file-file, video, foto, dan lainnya.
7.    Sarana promosi
Facebook bisa digunakan untuk promosi situs atau web log. Tujuannya tentu agar blognya semakin dikenal dan semakin banyak pengunjungnya.
8.    Menghindari stress
Ngobrol dengan teman-teman, mengomentari status orang lain yang terkadang lucu dan menggelitik, bermain game, itu bisa menjadi obat stress yang ampuh setelah seharian berkutat dengan pelajaran di sekolah.
                              


2.5       Dampak Penggunaan Facebook Bagi Remaja
                        Selain memiliki sisi positif, facebook juga memiliki sisi negatif bagi penggunanya. Adapun beberapa sisi negatif yang dimiliki atau disebabkan oleh facebook :
1.    Tidak peduli dengan sekitarnya
Orang yang sudah kecanduan facebook, akan asyik dengan dunianya sendiri (dunia yang diciptakannya) sehingga tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya.
2.    Kurang sosialisasi dengan lingkungan
Ini dampak dari seringnya bermain facebook.
Ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial remaja. Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya bersama teman-teman facebooknya yang rata rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kemampuan verbal anak menurun.
3.    Menghamburkan uang
Akses internet untuk membuka facebook jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan (terlebih kalau akses dari warnet). Dan biaya internet di Indonesia yang cenderung masih mahal bila dibanding negara negara lain (mereka sudah banyak yg gratis).
Ini sudah bisa dikategorikan sebagai pemborosan, karena tidak produktif.
4.    Mengganggu kesehatan
Terlalu banyak nongkrong di depan monitor tanpa melakukan kegiatan apa pun, tidak pernah olahraga sangat berisiko bagi kesehatan.
Penyakit akan mudah datang. Telat makan dan tidur tidak teratur. Obesitas (kegemukan), penyakit lambung (pencernaan), dan penyakit mata adalah gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi.
5.    Berkurangnya waktu belajar
Ini sudah jelas, terlalu lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu belajar si anak sebagai pelajar. Bahkan ada beberapa yang masih asyik bermain facebook saat di sekolah.

6.    Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga di rumah adalah nomor satu. Slogan tersebut tidak lagi berlaku bagi para facebookers. Buat mereka temen temen difacebook adalah nomor satu. Tidak jarang perhatian mereka terhadap keluarga menjadi berkurang.
7.    Tersebarnya data pribadi
Beberapa facebookers memberikan data-data mengenai dirinya dengan sangat detail. Biasanya ini untuk orang yang baru kenal internet hanya sebatas facebook saja. Mereka tidak tahu resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Ingat data data di internet mudah sekali bocor, apalagi facebook yang gampang sekali dihack.
8.    Mudah menemukan sesuatu yang berbau pornografi dan sex
Mudah sekali bagi para facebookers menemukan sesuatu yang berbau porno dan. Karena kedua hal itu yang paling banyak dicari di internet dan juga paling mudah ditemukan. nah, inilah fakta tidak dewasanya pengguna intenet Indonesia.
9.    Rawan terjadinya perselisihan
Tidak adanya kontrol dari pengelola facebook terhadap para anggotanya dan ketidakdewasaan pengguna facebook itu sendiri membuat pergesekan antar facebookers sering sekali terjadi.
10. Sering terjadi penipuan
            Seperti media media lainnya, facebook juga rawan terhadap penipuan. Apalagi bagi anak-anak yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan.








2.6       Upaya Mencegah Dampak Negatif Facebook
                        Kecanduan terhadap sesuatu memanglah tidak terlalu baik untuk diri sendiri begitu pula dengan ketertarikan facebook yang berlebihan. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah dampak negatif dari facebook:
1.    Bermain facebook secara aman dapat dilakukan dengan cara melindungi password agar orang lain tidak mengetahuinya.
2.    jangan menyimpan data yang terlalu pribadi, biasanya para facebookers muda selalu menyimpan data yang pribadi di profil facebook mereka. Misalnya, nomor hp, alamat rumah, nama lengkap dan lainya. Mungkin maksudnya baik, agar terlihat lebih santun dan ramah. Tetapi tu adalah suatu awal dari bumerang.
3.    Kenali sisi positif dan negatifnya, dari sekian banyak remaja di Ngentak, 54% dari mereka mengaku bahwa facebook lebih banyak manfaatnya sedangkan 36% mengatakan bahwa facebook lebih banyak negatifnya. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa mereka telah mengetahui dampak negatif dan manfaatnya.
4.    menggunakan facebook sesuai porsinya, berlebihan dalam konteks apapun tidak dibenarkan.
Jadi hindari yang namanya kecanduan facebook. Jangan sampai menelantarkan belajar demi kesenangan sesaat.
5.    bersikap baik, hindari konflik, beragam tipe dan karakter manusia di dalam situs jejaring sosial semacam facebook, membuka peluang terjadinya benturan  antara sesama pengguna facebook satu dengan lainnya. Akibatnya sering terjadi perselisihan karena ketidak sepahaman itu. Jadi bersikap baik dan menghindari kemungkinan yang mengarah pada terjadinya konflik adalah upaya yang tepat.

     Sedangkan cara mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam menggunakan facebook adalah:
v  memasang foto profil yang sopan, karena dengan memasang foto profil yang senonoh dapat menimbulkan perilaku menyimpang bahkan dapat menimbulkan nafsu.
v   membuat status yang tidak menyindir siapapun, jangan sekali-kali melampiaskan kekesalan kepada orang lain di jejaring sosial. Itu dapat merusak citra dan nama baik orang lain diri sendiri.
v  bersikap sopan, jangan bersikap kasar dan tidak sopan pada orang lain. Karena di jejaring sosial seperti facebook, tingkah laku dan ucapan kita dilihat dan disaksikan orang banyak.
v  menulis sesuatu yang menjelek-jelekkan orang lain,menjelekkan keburukan orang lain akan membuat pengguna facebook yang lain merasa malu dan terimidasi dengan sikap kita yang sebenarnya hanya bercanda.
v   menggunakan fasilitas Privacy Setting, ini dilakukan agar hanya orang tertentu saja yang dapat melihat profil facebook kita(tidak dapat dipantau orang lain).
v   simpan username dan password dengan baik agar tidak hack, setelah membuka facebook, sebaiknya facebook di log out dulu agar hacker tidak bisa menggunakan facebook kita sembarangan. Jangan pernah berikan alamat e-mail dan password kepada orang lain. Dapat menyebabkan tindak kriminalitas.

BAB III
PENUTUP

3.1      Kesimpulan
    
                        Masa remaja adalah masa dimana individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa, usia di mana anak tidak lagi merasa dibawah tingkat orang – orang yang lebih tua melainkan berada di tingkatan yang sama, sekurang – kurangnya dalam masalah hak.
                        Hal tersebut terbukti bahwa remaja yang tumbh dewasa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mendapatkan sebuah informasi. Dengan adanya koneksi internet, remaja sudah dapat mengakses sebuah jejaring sosial yaitu facebook. Kini facebook sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan karakter remaja. Dengan adanya facebook remaja jaman sekarang bisa mendapatkan informasi dengan mudah.
                        Hanya dengan membuat profil pribadi di facebook, remaja bisa mendapatkan banyak teman,bertemu teman lama, sebagai tempat curhat dll. Jadi sudah tidak heran lagi kalau jejaring sosial facebook bisa melebihi kebutuhan pokok remaja itu sendiri, akan tetapi facebook juga bisa memberikan dampak positif maupun negatif bagi penggunannya, jadi buat para pengguna yang tak lain adalah remaja harus pintar pintar memanfaatkan facebook dengan baik.

3.2      Saran
                        Berhubungan dengan kepopuleran jejaring sosial facebook di kalangan remaja, pengguna facebook harus pandai pandai memanfaatkan jejaring sosial facebook dengan baik dan benar.
                        Jangan sampai jejaring sosial facebook menjadi bumerang, merugikan bagi penggunanya. Karena jika pengguna sudah sangat berketergantungan terhadap jejaring sosial facebook, akan menimbulkan hal-hal yang tidak ingin terjadi, seperti mengakses situs porno, malas belajar, penipuan dunia maya, perselisihan dll.
                        Jadi di himbaukan kepada seluruh pengguna jejaring sosial facebook yang tak lain adalah kalangan remaja, harus benar benar memperhatikan manfaat facebook. Serta menggunakannya secara benar.
    


DAFTAR PUSTAKA






3 komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading